PERCOBAAN 7

Membuat Drone Burung menggunakan aplikasi 3D MAX

 

1.  Tujuan : Agar Bamasis mampu membuat Robot burung menggunakan Aplikasi 3D MAX

2.  Alat dan bahan :

     a.    Laptop

     b.    3D MAX

     c.    cylinder

     d.    Tool Geosphere

     e.    Tool Line 

3.  Teori

     a.    cylinder

 

Dalam konteks aplikasi 3ds Max, istilah "silinder" merujuk pada salah satu bentuk geometri dasar yang dapat Anda gunakan dalam pembuatan objek 3D. Silinder adalah objek tiga dimensi yang terdiri dari dua lingkaran paralel (atas dan bawah) yang terhubung oleh permukaan tabung.

 

Dalam proses pembuatan objek 3D di 3ds Max, Anda dapat membuat silinder dengan menggunakan alat "Cylinder" atau "Tube" yang tersedia di dalam perangkat lunak tersebut. Beberapa parameter yang dapat Anda atur saat membuat silinder melibatkan tinggi silinder, diameter lingkaran atas dan bawah, jumlah segmen pada lingkaran, dan sebagainya.

                    Gambar 1. Tampilan cylinder

       b.  Tool Geosphere

 

"Geosphere" adalah salah satu alat atau objek geometri dasar yang dapat digunakan untuk membuat bentuk bola yang terdiri dari banyak segmen dan titik kontrol. Geosphere adalah objek matematis yang merepresentasikan bola yang dibagi-bagi menjadi beberapa segmen dan cincin, sehingga memungkinkan pengguna untuk membuat bentuk bola yang lebih kompleks dengan mudah.

 

Ketika Anda membuat Geosphere di 3ds Max, Anda dapat mengatur berbagai parameter, seperti jumlah segmen (meridians dan parallels), radius, dan tingkat subdivisi. Subdivisi memungkinkan Anda untuk memecah permukaan bola menjadi lebih banyak segmen, sehingga meningkatkan level detail geometris.

       

Gambar 2. Tampilan geosphere

      c. Tool Line

Dalam aplikasi 3ds Max, alat "Line" adalah salah satu alat dasar yang digunakan untuk membuat objek garis atau lintasan. Alat ini memungkinkan Anda untuk membuat garis atau kurva dengan menentukan titik-titik kontrol secara berurutan.

      

Gambar 3. Tool line

 

4.  Langkah- Langkah Percobaan

    a.     Flowchart

     


5.  Hasil dan pembahasan

    a.     hasil 

 


        b.     Pembahasan

pada percobaan diatas rangka burung dibuat dengan menggabungkan komponen komponen Dalam menciptakan robot burung menggunakan aplikasi 3ds Max, langkah pertama adalah membuat tubuhnya menggunakan alat Cylinder. Pilih Cylinder dari panel Create, seret di viewport, dan tentukan parameter seperti tinggi, radius atas, dan radius bawah untuk membentuk tubuh sesuai desain yang diinginkan. Selanjutnya, tambahkan elemen kepala dengan alat Geosphere. Pilih Geosphere, seret di viewport, dan atur radius serta subdivisi untuk mencapai bentuk kepala yang diinginkan.Untuk menambahkan detail seperti sayap dan kaki, gunakan alat Line. Pilih Line dari panel Create, klik di viewport untuk menentukan titik-titik kontrol, dan sesuaikan bentuk sayap dan kaki sesuai dengan estetika robot burung yang diinginkan. Gabungkan semua elemen menggunakan alat Attach atau Group, lalu modifikasi bentuk dan propertinya menggunakan alat Modify seperti Editable Poly.

Setelah struktur dasar terbentuk, berikan tekstur dan material pada robot burung. Pilih objek yang ingin diberi tekstur, lalu atur material dan tekstur menggunakan alat Material Editor. Jika diinginkan, tambahkan animasi dengan alat animasi seperti keyframe atau path animation untuk memberikan kesan gerakan pada robot burung. Lakukan penyesuaian terakhir pada properti dan posisi elemen-elemen robot, atur pencahayaan dan kamera, dan terakhir lakukan rendering untuk menghasilkan gambar atau animasi final. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menciptakan robot burung yang kreatif dan sesuai dengan visi desain Anda, memanfaatkan alat Cylinder, Geosphere, dan Line dalam aplikasi 3ds Max.

6.  Kesimpulan

Dalam proses pembuatan robot burung menggunakan aplikasi 3ds Max, terlihat bahwa kreativitas dan keahlian teknis memainkan peran kunci. Desainer dapat memanfaatkan berbagai alat, seperti Line untuk struktur tubuh, Geosphere untuk bagian kepala atau mata, dan alat lainnya, untuk membentuk model yang kompleks dan terperinci. Animasi dan pergerakan dapat diterapkan menggunakan fitur-fitur seperti keyframe dan path following, memberikan kesan kehidupan pada desain. Penerapan tekstur dan material memperkaya tampilan model, meningkatkan realisme. Kesesuaian dengan kebutuhan proyek dan integrasi yang lancar dengan proyek lebih besar memberikan fleksibilitas kepada desainer. Proses ini tidak hanya menciptakan model yang visualnya menarik, tetapi juga memberikan kemungkinan pengembangan dan modifikasi yang memungkinkan desainer untuk mencapai hasil optimal sesuai dengan tujuan proyek. Keseluruhan, pembuatan robot burung dalam 3ds Max adalah perpaduan harmonis antara kreativitas dan fungsionalitas, menghasilkan hasil akhir yang dapat diterapkan dalam berbagai konteks, seperti animasi, simulasi, atau presentasi visual.