



PERCOBAAN
7
Membuat Drone Burung menggunakan aplikasi 3D MAX
1. Tujuan : Agar
Bamasis mampu membuat Robot burung menggunakan Aplikasi 3D MAX
2. Alat dan bahan :
a. Laptop
b. 3D MAX
c. cylinder
d. Tool Geosphere
e. Tool Line
3. Teori
a. cylinder
Dalam konteks aplikasi 3ds Max, istilah
"silinder" merujuk pada salah satu bentuk geometri dasar yang dapat
Anda gunakan dalam pembuatan objek 3D. Silinder adalah objek tiga dimensi yang
terdiri dari dua lingkaran paralel (atas dan bawah) yang terhubung oleh
permukaan tabung.
Dalam proses pembuatan objek 3D di 3ds Max, Anda
dapat membuat silinder dengan menggunakan alat "Cylinder" atau
"Tube" yang tersedia di dalam perangkat lunak tersebut. Beberapa
parameter yang dapat Anda atur saat membuat silinder melibatkan tinggi
silinder, diameter lingkaran atas dan bawah, jumlah segmen pada lingkaran, dan
sebagainya.
Gambar 1. Tampilan cylinder
b. Tool Geosphere
"Geosphere" adalah salah satu alat atau
objek geometri dasar yang dapat digunakan untuk membuat bentuk bola yang
terdiri dari banyak segmen dan titik kontrol. Geosphere adalah objek matematis
yang merepresentasikan bola yang dibagi-bagi menjadi beberapa segmen dan
cincin, sehingga memungkinkan pengguna untuk membuat bentuk bola yang lebih
kompleks dengan mudah.
Ketika Anda membuat Geosphere di 3ds Max, Anda
dapat mengatur berbagai parameter, seperti jumlah segmen (meridians dan
parallels), radius, dan tingkat subdivisi. Subdivisi memungkinkan Anda untuk
memecah permukaan bola menjadi lebih banyak segmen, sehingga meningkatkan level
detail geometris.
Gambar 2. Tampilan geosphere
c. Tool
Line
Dalam aplikasi 3ds Max, alat "Line" adalah salah satu alat dasar yang digunakan untuk membuat objek garis atau lintasan. Alat ini memungkinkan Anda untuk membuat garis atau kurva dengan menentukan titik-titik kontrol secara berurutan.
Gambar 3. Tool line
4. Langkah- Langkah
Percobaan
a. Flowchart
5. Hasil dan pembahasan
a. hasil
b. Pembahasan
pada
percobaan diatas rangka burung dibuat dengan menggabungkan komponen komponen Dalam
menciptakan robot burung menggunakan aplikasi 3ds Max, langkah pertama adalah
membuat tubuhnya menggunakan alat Cylinder. Pilih Cylinder dari panel Create,
seret di viewport, dan tentukan parameter seperti tinggi, radius atas, dan
radius bawah untuk membentuk tubuh sesuai desain yang diinginkan. Selanjutnya,
tambahkan elemen kepala dengan alat Geosphere. Pilih Geosphere, seret di
viewport, dan atur radius serta subdivisi untuk mencapai bentuk kepala yang
diinginkan.Untuk menambahkan detail seperti sayap dan kaki, gunakan alat Line.
Pilih Line dari panel Create, klik di viewport untuk menentukan titik-titik
kontrol, dan sesuaikan bentuk sayap dan kaki sesuai dengan estetika robot
burung yang diinginkan. Gabungkan semua elemen menggunakan alat Attach atau
Group, lalu modifikasi bentuk dan propertinya menggunakan alat Modify seperti
Editable Poly.
Setelah
struktur dasar terbentuk, berikan tekstur dan material pada robot burung. Pilih
objek yang ingin diberi tekstur, lalu atur material dan tekstur menggunakan
alat Material Editor. Jika diinginkan, tambahkan animasi dengan alat animasi
seperti keyframe atau path animation untuk memberikan kesan gerakan pada robot
burung. Lakukan penyesuaian terakhir pada properti dan posisi elemen-elemen
robot, atur pencahayaan dan kamera, dan terakhir lakukan rendering untuk
menghasilkan gambar atau animasi final. Dengan mengikuti langkah-langkah ini,
Anda dapat menciptakan robot burung yang kreatif dan sesuai dengan visi desain
Anda, memanfaatkan alat Cylinder, Geosphere, dan Line dalam aplikasi 3ds Max.
6. Kesimpulan
Dalam
proses pembuatan robot burung menggunakan aplikasi 3ds Max, terlihat bahwa
kreativitas dan keahlian teknis memainkan peran kunci. Desainer dapat
memanfaatkan berbagai alat, seperti Line untuk struktur tubuh, Geosphere untuk
bagian kepala atau mata, dan alat lainnya, untuk membentuk model yang kompleks
dan terperinci. Animasi dan pergerakan dapat diterapkan menggunakan fitur-fitur
seperti keyframe dan path following, memberikan kesan kehidupan pada desain.
Penerapan tekstur dan material memperkaya tampilan model, meningkatkan
realisme. Kesesuaian dengan kebutuhan proyek dan integrasi yang lancar dengan
proyek lebih besar memberikan fleksibilitas kepada desainer. Proses ini tidak
hanya menciptakan model yang visualnya menarik, tetapi juga memberikan kemungkinan
pengembangan dan modifikasi yang memungkinkan desainer untuk mencapai hasil
optimal sesuai dengan tujuan proyek. Keseluruhan, pembuatan robot burung dalam
3ds Max adalah perpaduan harmonis antara kreativitas dan fungsionalitas,
menghasilkan hasil akhir yang dapat diterapkan dalam berbagai konteks, seperti
animasi, simulasi, atau presentasi visual.