



PERCOBAAN 5
Membuat Laporan kondisi kontak senjata dengan musuh melalui Map
1. Tujuan :
Agar Bamasis mampu membuat laporan kondisi kontak senjata dengan musuh melalui
map
2. Alat dan
bahan :
a. Laptop
b. Delphi
c. Anydesk/ Team viewer
d. image
e. Shape
f. Pixel
3. Teori
a. Image dalam Map
Digunakan
untuk menampilkan gambar di dalam aplikasi. Komponen ini memungkinkan untuk
menampilkan berbagai format gambar (seperti BMP, JPEG, PNG, GIF, dsb) di dalam
form aplikasi .
Gambar 1. Tampilan Image
b. Tool Shape
Dalam konteks aplikasi
pengembangan perangkat lunak menggunakan Delphi, "tool shape" mengacu
pada komponen atau elemen grafis yang digunakan untuk membuat, menggambar, dan
menampilkan berbagai bentuk atau gambar dalam antarmuka pengguna aplikasi. Ini
memungkinkan Anda untuk menciptakan visualisasi yang lebih menarik dan
informatif dalam aplikasi Anda.
Gambar 2. Tampilan Shape
c. Pixel
Adalah
representasi dari titik terkecil citra digital atau gambar grafis dan dihitung
per Inci (satuan metrik), titik terkecil inilah yang kemudian disebut dengan
Pixel, yang merupakan singkatan dari akronim Bahasa Inggris ‘Picture Element.’
Gambar 3. Tampilan pixel
4. Langkah- Langkah Percobaan
a. Flowchart
b. Coding
procedure
TForm2.Button1Click(Sender: TObject);
begin
form2.Close;
end;
procedure
TForm2.Button2Click(Sender: TObject);
var
titik
:Integer;
status:String;
pos:string;
begin
titik:= ComboBox1.ItemIndex;
status:= Edit1.Text;
if
titik <>-1 then
begin
//Showmessage ('posyang dipilih:'+
Combobox1.Items[titik]);
pos :=Combobox1.Items [titik];
end
else
begin
//showmessage('kosong');
pos:='';
end;
if
(pos='1') and (status='hijau')then
begin
shape3.Brush.Color:= clLime;
end
else
if (pos='1') and (status='kuning')then
begin
shape3.Brush.Color:=clYellow;
end
else
if (pos='1') and (status='merah')then
begin
shape3.Brush.Color:=clRed;
end
else
if (pos='2') and (status='hijau')then
begin
shape4.Brush.Color:= clLime;
end
else
if (pos='2') and (status='kuning')then
begin
shape4.Brush.Color:=clYellow;
end
else
if (pos='2') and (status='merah')then
begin
shape4.Brush.Color:=clRed;
end
else
if (pos='3') and (status='hijau')then
begin
shape6.Brush.Color:= clLime;
end
else
if (pos='3') and (status='kuning')then
begin
shape6.Brush.Color:=clYellow;
end
else
if (pos='3') and (status='merah')then
begin
shape6.Brush.Color:=clRed;
end
else
if (pos='4') and (status='hijau')then
begin
shape8.Brush.Color:= clLime;
end
else
if (pos='4') and (status='kuning')then
begin
shape8.Brush.Color:=clYellow;
end
else
if (pos='4') and (status='merah')then
begin
shape8.Brush.Color:=clRed;
end
else
if (pos='5') and (status='hijau')then
begin
shape10.Brush.Color:= clLime;
end
else
if (pos='5') and (status='kuning')then
begin
shape10.Brush.Color:=clYellow;
end
else
if (pos='5') and (status='merah')then
begin
shape10.Brush.Color:=clRed;
end
else
if (pos='6') and (status='hijau')then
begin
shape12.Brush.Color:= clLime;
end
else
if (pos='6') and (status='kuning')then
begin
shape12.Brush.Color:=clYellow;
end
else
if (pos='6') and (status='merah')then
begin
shape12.Brush.Color:=clRed;
end
else
if (pos='7') and (status='hijau')then
begin
shape14.Brush.Color:= clLime;
end
else
if (pos='7') and (status='kuning')then
begin
shape14.Brush.Color:=clYellow;
end
else
if (pos='7') and (status='merah')then
begin
shape14.Brush.Color:=clRed;
end
else
if (pos='8') and (status='hijau')then
begin
shape16.Brush.Color:= clLime;
end
else
if (pos='8') and (status='kuning')then
begin
shape16.Brush.Color:=clYellow;
end
else
if (pos='8') and (status='merah')then
begin
shape16.Brush.Color:=clRed;
end
end;
end.
5. Hasil dan pembahasan
a. hasil
b. Pembahasan
pada percobaan diatas apabila dimasukan pada tool edit sandi atau password hiijau,kuning,dan merah maka pada shape yang dimasukan password akan berubah sesuai warna dari password yang dimasukan,untuk keluar dari program aplikasi kita klik tombol close.
6. Kesimpulan
Dalam
percobaan tersebut, terdapat sebuah aplikasi atau tool edit sandi atau
password. Jika warna-warna tertentu dimasukkan sebagai password (hijau, kuning,
atau merah), bentuk atau tampilan yang mewakili password akan berubah sesuai
dengan warna yang dimasukkan. Untuk keluar dari program aplikasi ini, pengguna
hanya perlu mengklik tombol close.