PERCOBAAN 5

  Membuat Laporan kondisi kontak senjata dengan musuh melalui Map

  

1.  Tujuan : Agar Bamasis mampu membuat laporan kondisi kontak senjata dengan musuh melalui map

 

2.  Alat dan bahan :

     a.    Laptop

     b.    Delphi

     c.    Anydesk/ Team viewer

     d.    image

     e.    Shape

     f.     Pixel

 

3.  Teori

     a.    Image dalam Map

 

Digunakan untuk menampilkan gambar di dalam aplikasi. Komponen ini memungkinkan untuk menampilkan berbagai format gambar (seperti BMP, JPEG, PNG, GIF, dsb) di dalam form aplikasi .

 

Gambar 1. Tampilan Image

  

       b.  Tool Shape

Dalam konteks aplikasi pengembangan perangkat lunak menggunakan Delphi, "tool shape" mengacu pada komponen atau elemen grafis yang digunakan untuk membuat, menggambar, dan menampilkan berbagai bentuk atau gambar dalam antarmuka pengguna aplikasi. Ini memungkinkan Anda untuk menciptakan visualisasi yang lebih menarik dan informatif dalam aplikasi Anda.

Gambar 2. Tampilan  Shape

       c.     Pixel

 

Adalah representasi dari titik terkecil citra digital atau gambar grafis dan dihitung per Inci (satuan metrik), titik terkecil inilah yang kemudian disebut dengan Pixel, yang merupakan singkatan dari akronim Bahasa Inggris ‘Picture Element.’

 


                        Gambar 3. Tampilan pixel

 

4.  Langkah- Langkah Percobaan

    a.     Flowchart



 

      b.     Coding

 

procedure TForm2.Button1Click(Sender: TObject);

begin

form2.Close;

end;

 

procedure TForm2.Button2Click(Sender: TObject);

var

titik :Integer;

status:String;

pos:string;

 

begin

   titik:= ComboBox1.ItemIndex;

   status:= Edit1.Text;

 

if titik <>-1 then

begin

  //Showmessage ('posyang dipilih:'+ Combobox1.Items[titik]);

   pos :=Combobox1.Items [titik];

end

else

begin

  //showmessage('kosong');

  pos:='';

end;

 

if (pos='1') and (status='hijau')then

begin

  shape3.Brush.Color:=  clLime;

end

else if (pos='1') and (status='kuning')then

begin

  shape3.Brush.Color:=clYellow;

end

else if (pos='1') and (status='merah')then

begin

  shape3.Brush.Color:=clRed;

end

else if (pos='2') and (status='hijau')then

begin

  shape4.Brush.Color:=  clLime;

end

else if (pos='2') and (status='kuning')then

begin

  shape4.Brush.Color:=clYellow;

end

else if (pos='2') and (status='merah')then

begin

  shape4.Brush.Color:=clRed;

end

else if (pos='3') and (status='hijau')then

begin

  shape6.Brush.Color:=  clLime;

end

else if (pos='3') and (status='kuning')then

begin

  shape6.Brush.Color:=clYellow;

end

else if (pos='3') and (status='merah')then

begin

  shape6.Brush.Color:=clRed;

end

else if (pos='4') and (status='hijau')then

begin

  shape8.Brush.Color:=  clLime;

end

else if (pos='4') and (status='kuning')then

begin

  shape8.Brush.Color:=clYellow;

end

else if (pos='4') and (status='merah')then

begin

  shape8.Brush.Color:=clRed;

end

else if (pos='5') and (status='hijau')then

begin

  shape10.Brush.Color:=  clLime;

end

else if (pos='5') and (status='kuning')then

begin

  shape10.Brush.Color:=clYellow;

end

else if (pos='5') and (status='merah')then

begin

  shape10.Brush.Color:=clRed;

end

else if (pos='6') and (status='hijau')then

begin

  shape12.Brush.Color:=  clLime;

end

else if (pos='6') and (status='kuning')then

begin

  shape12.Brush.Color:=clYellow;

end

else if (pos='6') and (status='merah')then

begin

  shape12.Brush.Color:=clRed;

end

else if (pos='7') and (status='hijau')then

begin

  shape14.Brush.Color:=  clLime;

end

else if (pos='7') and (status='kuning')then

begin

  shape14.Brush.Color:=clYellow;

end

else if (pos='7') and (status='merah')then

begin

  shape14.Brush.Color:=clRed;

end

else if (pos='8') and (status='hijau')then

begin

  shape16.Brush.Color:=  clLime;

end

else if (pos='8') and (status='kuning')then

begin

  shape16.Brush.Color:=clYellow;

end

else if (pos='8') and (status='merah')then

begin

  shape16.Brush.Color:=clRed;

end

end;

 

end.

 

5.  Hasil dan pembahasan

    a.     hasil 



        b.     Pembahasan

pada percobaan diatas apabila dimasukan pada tool edit sandi atau password hiijau,kuning,dan merah maka pada shape yang dimasukan password akan berubah sesuai warna dari password yang dimasukan,untuk keluar dari program aplikasi kita klik tombol close. 

6.  Kesimpulan

            Dalam percobaan tersebut, terdapat sebuah aplikasi atau tool edit sandi atau password. Jika warna-warna tertentu dimasukkan sebagai password (hijau, kuning, atau merah), bentuk atau tampilan yang mewakili password akan berubah sesuai dengan warna yang dimasukkan. Untuk keluar dari program aplikasi ini, pengguna hanya perlu mengklik tombol close.