PERCOBAAN 1

MEMBUAT TAMPILAN NAMA PRIBADI

 

1. Tujuan

    Agar Bamasis Mampu Membuat Tampilan nama Pribadi Pada aplikasi Delphi

2.  Alat dan  Bahan

    a.    Laptop

    b.    Aplikasi Delphi

    c.    coding Tampilan Data

    d.    Tool Image

    e.    Tool Button

    f.    Tool Label

    g.    Tool Form

3. Teori Dasar 

    a.    Form Delphi 

Merupakan jendela visual dalam antarmuka pengembangan aplikasi. di dalamnya terdapat komponen seperti tombol dan kotak teks untuk membangun tampilan aplikasi . setiap komponen memiliki properti yang mengontrol penampilan dan perilakunya .kita juga dapat menambahkan kode ke komponen untuk menangani interaksi pengguna .Form adalah bagian antarmuka pengguna dan tempat dimana anda menggabungkan desain visual dengan kode pemograman.

                                Gambar 1. Tampilan Form


      b.    Tool Label

"Tool label" dalam aplikasi Delphi mengacu pada komponen visual "TLabel" yang digunakan untuk menampilkan teks atau label pada antarmuka pengguna. TLabel memberikan informasi statis dan dapat disesuaikan dengan mengatur berbagai properti seperti teks, ukuran, posisi, dan warna latar belakang. Ini membantu memberikan panduan atau deskripsi tentang elemen-elemen lain dalam tampilan aplikasi Anda.

                    

                                                           Gambar 2. Logo Label

    c.    Tool Button

Button atau tombol adalah salah satu komponen essential/ dasar pembentuk suatu form aplikasi,  funsi dari tombl ini adalah untuk berinteraksi antara pengguna dan suatu program aplikasi, pada bahasa Delphi kita bisa membuat suatu form dengan beberapa button sesuai kebutuhan, button ini dapat kita kostumisasi sesuai dengan keperluan kita, baik warna, tulisan dan program yang akan di jalankan ketika tombol di click.

 

Gambar 3. Logo Button

d. tool image

"Tool image" dalam aplikasi Delphi mengacu pada komponen "TImage" yang memungkinkan menampilkan gambar atau grafis dalam antarmuka pengguna. Dengan TImage, Anda bisa memuat berbagai jenis gambar dan mengatur properti seperti "Picture" dan "Stretch" untuk mengendalikan tampilan gambar. Penggunaan TImage membantu menambahkan elemen visual yang menarik dalam aplikasi.


                    Gambar 4. Logo Image

 4. Langkah - langkah Percobaan

    a.    Flowchart


          Gambar 5. Flowchart Program

 

    b.    Coding Program

 unit Unit1;

interface

uses

  Winapi.Windows, Winapi.Messages, System.SysUtils, System.Variants, System.Classes, Vcl.Graphics,

  Vcl.Controls, Vcl.Forms, Vcl.Dialogs, Vcl.StdCtrls, Vcl.Imaging.jpeg,

  Vcl.ExtCtrls;

type

  TForm1 = class(TForm)

    Label1: TLabel;

    Label2: TLabel;

    Label3: TLabel;

    Label4: TLabel;

    Label5: TLabel;

    Label6: TLabel;

    Image1: TImage;

    Button1: TButton;

    procedure Button1Click(Sender: TObject);

  private

    { Private declarations }

  public

    { Public declarations }

  end;

var

  Form1: TForm1;

implementation

{$R *.dfm}

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);

begin

label1.Visible:=true;

label2.Visible:=true;

label3.Visible:=true;

label4.Visible:=true;

label5.Visible:=true;

label6.Visible:=true;

image1.Visible:=true;

end;

end.

5. Hasil dan Pembahasan

   a.    hasil Video



    b.    Pembahasan


            Dari hasil percobaaan diatas kita dapat menampilkan data diri kita dengan menekan tombol aktifkan ,data pribadi yang semula tidak muncul akan muncul bersamaan dengasn foto pribadi kita,hal ini dikarnakan pada project tersebut telah dimasukan coding yang dapat memunculkan data pribadi apabila kita menekan tombol aktuifkan.


6. Kesimpulan 


Kesimpulan dari praktek membuat tampilan nama pribadi di aplikasi Delphi adalah bahwa ini adalah tugas dasar dalam mengembangkan antarmuka pengguna. Dengan menggunakan komponen "TLabel", Anda dapat dengan mudah menampilkan teks atau label yang informatif dan statis di dalam aplikasi. Melalui latihan ini, Anda dapat memahami cara membuat elemen antarmuka pengguna, mengatur properti, dan menampilkan informasi kepada pengguna. Ini merupakan langkah awal dalam memahami cara membangun antarmuka pengguna yang lebih kompleks dan fungsional dalam pengembangan perangkat lunak menggunakan Delphi.